Jalan Hidup Musisi

Dulu aku pernah dengar dari temenku…menjadi musisi itu cuma punya dua pilihan. yang pertama “hidup untuk musik” dan yang kedua “musik untuk hidup”. Sekilas memang hampir mirip, tetapi perbedaan yang ada menjadi sangat besar ketika kita harus berhadapan dengan kondisi musik Indonesia saat ini.

Mungkin banyak yang jadinya membenci musik - musik cinta mellow tiada tara yang selalu menghiasi radio dan tv Indonesia. Bahkan grup - grup musik macam Radja dan Kangen manjadi public enemy number 1 bagi sebagian besar orang. Sampai - sampai ada yang bikin spesial lagu macam “kangen bitch” yang berisikan kata - kata kasar dan sebenarnya tidak cocok untuk konsumsi umum. Tetapi sebenarnya mereka lebih memilih menjadi seperti ini karena mereka memilih untuk “musik untuk hidup”. Mereka mencari nafkah lewat musik, dan musik yang bisa menghasilkan uang di Indonesia ini sementara ini adalah musik - musik mellow tentang cinta yang menye - menye macam gini. kalaupun nggak mereka bikin musik sesuai permintaan.

Sekarang ini di Indonesia ada dua jenis musik yang disukai, pertama adalah tipe mellow sedikit melayu , dan yang kedua adalah tipe - tipe musik nakal dalam hal lirik dan musiknya ataupun imagenya. jadi bisalah dimaklumi kalau sekarang ini musik - musik di Indoensia terdengar begitu - begitu saja, tidak seperti di benua seberang yang begitu dinamis. Ya ini karena sebagian besar musisi di sini berpandangan “musik untuk hidup”

Tetapi ada pula sebagian kecil dari musisi kita yang memikirkan hidup untuk musik. karena kebanyakan dari mereka ini bermusik merupakan panggilan jiwa…dari sisi finansial mereka sudah merasa cukup dan akhirnya bis mengeluarkan musik - musik yang seperti apa yang mereka kehendaki, bukan yang konsumen kehendaki.
Sebut saja yang paling baru ini si Jubing Kristianto…dia dulu adalah sorang pegawai swasta sukses yang akhirnya meninggalkan pekerjaannya demi menempuh impiannya menjadi musisi. Dan hasilnya album “becak fantasy” tentu tidak mengecewakan bukan :musik: Masih ada juga sosok seperti Setiawan Djody yang usahawan sukses dan musik yang dia hasilkan sangat - sangat idealisnya dia.

Sebenernya ada juga musisi yang berada di tengah - tengah. Mereka secara finansial belum WAH banget, tetapi mereka bermusik memang untuk kesenangan hati dan jiwa mereka. orang - orang seperti The brandals, Shaggy Dog, dan masih banyak lagi yang bermusik karena mereka senang dan gembira…bukan hanya untuk sekedar mencari uang.

Search Tags: , , , , , ,

Suka dengan cerita ini?.. pastikan anda berlangganan RSS Feed saya.

32 Responses to “Jalan Hidup Musisi”

  1. aprikot (19 comments.) Says:

    hummm..yang paling susah itu jd istri musisi :musik:

    hihihihihihihi

    :pertamax:

    malah dolanan icon

    aprikot’s last blog post..30 bukan 100

  2. Jiewa (13 comments.) Says:

    @Aprikot : icon2 disini emang lucu2, tiap kali mo komen mesti jadi ngikik2 dulu liat daftar iconnya, trus jadi lupa mo ngetik apa. Akhirnya jadi ngelantur deh komennya (spt skrg!) :damn:

    Jiewa’s last blog post..Sparkling Surabaya

  3. setra (4 comments.) Says:

    Dulu aq pernah ikut seminarnya Adie MS. Dia crita klo dulu kesulitan tuk survife di jalur orkestra yg pure klasik. Trus agar bs srvfe n idealisme jg te2p jalan maka dia nyabang-nyabang ke “musik perut” (baca: musik populer). Dan skrng TO jalan n tetep dijalur klasik.
    salut mas Adi MS :toss:

    setra’s last blog post..Membuat Musik Ketika Tidur

  4. venus (37 comments.) Says:

    @aprikot: enak kok, jadi istri musisi ayuk :sinchan: :nggaya:

    wakakaka….setuju setuju setuju!! aku kesini selain karena mau baca2, juga kangen liat yg joget2 ini. kikikiki….

    :sinchan: :damn:

    venus’s last blog post..sleeping disorder

  5. venus (37 comments.) Says:

    lagi!!! SAYA MAU LAGIIII!!!

    :nggaya: ayuk :damn: :damn: :damn: :damn:

    venus’s last blog post..sleeping disorder

  6. Totoks (10 comments.) Says:

    saya setuju kalau diindonesia masih beranggapan bahwa “musik untuk hidup” karena nyari kerjaan susah, nah dari pada capek jualan dawet keliling lebih baik mencoba peruntungan di music yang hasilnya bisa 1000% lebih banyak (bukan seratus ya) :capedeh:

    Totoks’s last blog post..Ruang Ganti

  7. irwan (2 comments.) Says:

    mau dong di share lagu “kangen bitch”nya… :toss:

    irwan’s last blog post..Bistik Kecoa ala Solaria

  8. ekowanz Says:

    @aprikot…coba tanya ke simbok venus aj lah :musik:

    @setra…hooh ada yg bisa ada yang nggak bisa

    @venus…hmm kerena kan

    @totoks…iya tuh

    @irwan…lagunya bisa diliat di tempatnya saudara saya ontoBilang mas

  9. Hedi (29 comments.) Says:

    hidup untuk musik dan musik untuk hidup…hmmm asyik juga.
    tapi kalo jumpa pers album pertama, ada pertanyaan pers yang bikin otak njelimet, “mas, anda bikin album ini untuk khalayak atau anda sendiri?”

    Kalo dijawab untuk khalayak, nanti ditanya lagi, ” kok lagunya agak berat, ya?”

    wuahh angel tenan ngomong karo wartawan :youretheman:

    Hedi’s last blog post..Apresiasi

  10. vcd lesson musik (1 comments.) Says:

    ada juga loh yang jadiin musik sebagai pelepas stress dan perimbangan jiwa…

  11. Feri Gunawan Says:

    yup.

    eh jubing itu emang oke ya, dulu kerja di nova ya

    hidup untuk musik , bukan musik untuk hidup

  12. Feri Gunawan Says:

    :musik:

  13. annots (29 comments.) Says:

    Repot….,repot…. kalo punya pacar seleb, seleb yang di tv ama seleblog susyah semua banyak fans jadi ndak kuaat…. :capedeh: :nangis:

    annots’s last blog post..Kerokan

  14. funkshit (17 comments.) Says:

    mas eko.. ada yang kurang nich .. .
    sampeyan belum ngasihtau.. sampeyan milih yang musik untuk hidup ato hidup untuk musik

    *klo kesini saya jadi keingat Igo nya kuskas mulu nich. . .

  15. antobilang (41 comments.) Says:

    kalo CLANCY mas? :musik:

    antobilang’s last blog post..Dompet

  16. zam (47 comments.) Says:

    musik Indo lama-lama ndak jelas.. cuma ngejar popularitas..

    saya denger lagunya Slank feat Nirina, ini lagu appan sih? suara Nirina yang cempreng gitu, plus lirik lagu yg keknya bukan Slank banget.. :capedeh:

    belum lagi lagunya TheRock yang katrock banget liriknya..

    mending Letto banget lah.. liriknya mantab, musiknya asyik..

    sorry, no offense ya..

    :toss:

    zam’s last blog post..Candi Ijo, Letaknya Paling Tinggi di Jogja

  17. eko marssetiawan Says:

    @funkshit & antobilang…sementara ini musik untuk hidup, detilnya tunggu postingan besok yah :sinchan:

  18. agusnaim (6 comments.) Says:

    :toss: buat pecinta musik :toss: sampe klenger :musik:

    agusnaim’s last blog post..Hanya Ada Satu ANDA

  19. bocah (1 comments.) Says:

    :nggaya: jadi musisi boleh aja tapi hati2 sama narkoba yah :nggaya:

    bocah’s last blog post..Bank Pemerintah

  20. iman brotoseno (2 comments.) Says:

    dulu saya pernah dipaksa mendengar setiawan jody nyanyi di rumahnya..live..wadoohhh ampun hehe

  21. eko marssetiawan Says:

    @iman brotoseno….dooh udah sejajar ama si David Bowie donk mas iman ini :sinchan:

  22. mitra w (6 comments.) Says:

    hehehe….. musik untuk hidup… gpp sih… sah-sah aja kok :)

    mitra w’s last blog post..love like a fairy tale

  23. andi bagus (25 comments.) Says:

    musik musik..i always listen a music before do some activity :kembar:
    ayuk :sinchan:

    andi bagus’s last blog post..EDITTAG[dot]BLOGSPOT[dot]COM

  24. de (4 comments.) Says:

    jodi idelais soale wes sugeh ko, lha nek golek mangane soko musik piye? wong sing di dol yo musike, sing penting payu

    de’s last blog post..nonton

  25. kw (8 comments.) Says:

    aku kok suka music “serius” ya. macam lagu2 perjuangan : tanah airku nya ibu soed… dahsyad! atau seriosanya aning katamsi, linda sitinjak, christoper abimanyu, andrea boceli, josh groban hehehhe

    kw’s last blog post..zen rs: rayakan hidup dengan cara hebat

  26. iphan (4 comments.) Says:

    heikkz… emang bener tuh!
    ada satu band terkenal asal bandung yang vokalisnya Married by Accident ngomong gini ke temen saya : musik Indonesia itu yang penting laris, bagus ato nggaknya nomer 2. *injek-injek ituh vokalis*
    kalo gini, musik indonesia ga bakal maju-maju nih.
    :nangis:
    tapi, untungnya masih ada beberapa musisi yang masih ngutamain kulaitas ayuk

  27. uthie (27 comments.) Says:

    kangen bitch? ;))aku punya tuh, keren booo… isinya saru2 kabeh*ah, aku paling demen dolanan smiley di tempatnya mas eko* :capedeh: uthie’s last blog post..Causa Prima

  28. eko marssetiawan Says:

    @iphan…ya sebenernya sih maju ya maju, cuma jgn dibandingin ama benua sebelah

  29. eko marssetiawan Says:

    @kw…nah ini yang susah dicari, kan sekarang hampir semua orang itu sukanya ya musik2 populer

  30. arief (2 comments.) Says:

    apapun yang terjadi…musik tetap jalan hidup ku…mau mellow,ato apapun…yang penting aku tetep bisa nyanyi n ngehibur otang dengan karyaku….

  31. arief (2 comments.) Says:

    apapun yang terjadi…musik tetap jalan hidup ku…mau mellow,ato apapun…yang penting aku tetep bisa nyanyi n ngehibur otang dengan karyaku….

  32. Khairi Says:

    aq ingin jadi musisi nih.

Silahkan tinggalkan komentar anda disini

waspada umm tunduk rocker stress puyeng nyerah nonono ngelamun ngejek mupeng mimisan mikir melirik matabelo mataduit lirik kutubuku jepret hmm hei sedih geleng gagah cup cinta bengong ayuk

StopGlobalWarming.org Ad Spot

Most Popular Content

Recent Readers. These are the cool and trendy people that reads my blog!Recent Readers

Clicky Web Analytics
Sitemap